Upaya Peneliti Membangunkan si Gajah Purba

Upaya Peneliti Membangunkan si Gajah Purba

Upaya Peneliti Membangunkan si Gajah Purba

MEMBANGKITKAN hewan prasejarah mungkin dapat diwujudkan

dalam beberapa tahun lagi. Manusia hidup berdampingan dengan hewan purba pun mungkin suatu saat nanti bukan hanya hal fiktif.

Hal tersebut disimpulkan setelah tim peneliti dari Rusia dan Korea Selatan mengambil sampel sel dari fosil kuda berusia 40 ribu tahun.

Kuda yang diperkirakan mati saat berumur 20 hari itu ditemukan di lapisan tanah beku dari kawah Siberia yang dikenal sebagai ‘mulut neraka’. Seluruh jaringan sel dan otot kuda tersebut masih utuh sehingga peneliti dapat mengambil sampelnya untuk penelitian bioteknologi.

Spesialis Kloning, Profesor Hwang Woo-suk, yang terbang dari Seoul, mengatakan jika berhasil menemukan sel hidup, peneliti akan melakukan upaya terbaik untuk mengkloning hewan itu. Jenis kuda yang mirip dengan spesies Lenskaya yang telah punah pun akan digunakan sebagai kuda pengganti.

Dalam pengkloningan, peneliti akan membuat embrio kloning

kuda bayi tersebut. Setelah embrio dapat dibuat, mereka akan memindahkannya ke rahim kuda pengganti.

Kloning mamut

Di masa mendatang, jika para peneliti berhasil melakukannya, hal tersebut akan menjadi langkah awal dalam mewujudkan tujuan utama mereka, yaitu membangkitkan mamut dari kepunahan.

Prosesnya diprediksi lebih sulit jika dibandingkan dengan pengkloningan kuda.

Sebabnya, antara kuda purba dan kuda zaman modern lebih banyak memiliki kesamaan jika dibandingkan dengan antara gajah dan mamut.

Dalam pengkloningan mamut, peneliti akan menggunakan teknik yang paling banyak digunakan, yaitu CRISPR/Cas9.

 

sumber :

https://apkmod.co.id/