Tren Transformasi Digital yang Populer

Tren Transformasi Digital yang Populer

Anneau-de-sable.Org – Selama beberapa tahun terakhir teknologi diramaikan dengan beberapa tren transformasi digital, seperti cloud, edge compute, IoT, dan Augmented Reality (AR). Dilansir dari laman Forbes, Rabu (17/7/2019) tahun 2020 tampaknya akan ada teknologi baru yang mungkin hadir, seperti 5G, Artificial Inteligent (AI), dan analitik data lanjutan, berikut ulasannya:

1. Teknologi 5G

Tren tranformasi digital yang pertama adalah jaringan 5G. Beberapa negara telah mulai mengembangkan jaringan 5G. Menariknya tahun 2020 kabarnya akan menjadi tahun bagi perkembangan awal 5G. Beberapa perusahaan dibidang telekomunikasi juga telah mengerjakan 5G, seperti Qualcomm, AT&T, Verizon, Nokia, Ericsson dan Huawei.

Tak hanya itu, beberapa perusahaan juga telah mengungkapkan rencananya untuk membuat ponsel 5G dalam waktu dekat. Untuk diketahui, teknologi 5G menjanjikan kecepatan broadband yang lebih cepat dan jaringan seluler yang lebih andal.

Proliferasi 5G juga akan mempercepat kemajuan di smart city, kendaraan pintar, manufaktur pintar, dan sejumlah teknologi intensif IoT yang membutuhkan 5G. Dengan kata lain, nilai sebenarnya dari 5G tidak akan terbatas pada ponsel. Hampir setiap industri yang menyentuh kehidupan kita sehari-hari akan ditransformasikan menjadi lebih baik oleh evolusi teknologi 5G.

2. Wi-Fi yang Lebih Cepat

Teknologi Wi-Fi juga kabarnya akan semakin meningkat menjadi Wi-Fi 6. Meskipun Wi-Fi 6 dan 5G merupakan teknologi yang berbeda, namun kedua teknologi menjanjikan pemrosesan dan kecepatan koneksi nirkabel pada 2020.

Jaringan 5G dan WiFi 6 yang bekerja secara bersamaan akan menciptakan kombinasi konektivitas ultra-cepat yang sempurna di rumah ataupun kantor. Selain itu, kecepatan unduh hingga 3x lebih cepat daripada yang bisa dicapai dengan WiFi 5 juga diharapjkan.

3. Analytics

Perusahaan yang masih belum banyak berinvestasi dalam analitik pada tahun 2020 mungkin tak akan bertahan lama 2021. Ada terlalu banyak data pelanggan yang sangat berharga untuk dikumpulkan, diproses, dan berubah menjadi wawasan bagi perusahaan mana pun untuk tetap kompetitif tanpa memanfaatkan sepenuhnya alat analitik modern.

4. AI dan Machine Learning

Jika Anda akan berinvestasi dalam analitik, Anda juga perlu berinvestasi dalam AI dan untuk dapat menavigasi lautan informasi dan data yang sangat luas yang ingin Anda manfaatkan dengan baik. Nilai AI dan machine untuk analisis data dapat disaring menjadi tiga proposisi nilai yang terpisah: kecepatan, skala, dan kenyamanan.

5. Blockchain

Blockchain juga dikabarkan akan semkain berkembang pada 2020. Seperti diketahui, Layanan Web Amazon mendemokratisasi teknologi blockchain dengan platform blockchain-as-a-service berbasis langganan mereka. Mereka tidak sendirian dalam upaya ini. Banyak pemimpin global lainnya juga bermain di ruang ini, termasuk Samsung, Microsoft, IBM dan Alibaba.

Artikel terkait :