Petugas Kebersihan dan Satpam Kampus Lulus Wisuda

Petugas Kebersihan dan Satpam Kampus Lulus Wisuda

Petugas Kebersihan dan Satpam Kampus Lulus Wisuda

Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) melaksanakan kegiatan wisuda Gelombang

Tahun Akademik 2018/2019 pada 18-20 Desember 2018 di Aula Unsika. Terdapat 1.274 lulusan yang mengikuti kegiatan wisuda, terdiri dari 33 lulusan tingkat Magister (2 Program Studi) dan 1.241 orang Sarjana (17 Program Studi). Kegiatan wisuda dilaksanakan sejak Selasa sampai Kamis terdiri dari lima sesi.

Pada sesi terakhir, terjadi momen yang mengharukan ketika Rektor Unsika melantik 8 petugas kebersihan kampus dan seorang satuan pengamanan (satpam) kampus yang telah berhasil menempuh jenjang pendidikan sarjana. Petugas kebersihan yang mengikuti prosesi wisuda adalah Iwan, Hamdani, Abdulah, Mahfud, Mansyur Inayah, Subani, Yayat Suryatna, sedangkan yang berprofesi satpam adalah Irwan Susanto. Mereka kini berhak memiliki gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) sebagai lulusan Program Studi S1 Pendidikan Luar Sekolah (PLS) pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Para karyawan Unsika tersebut mulai kuliah sejak 2014, beberapa saat sebelum Unsika menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Di tengah keterbatasan pendapatan dan kemampuan, semangat mereka memberikan inspirasi

. “Saya sering lihat kalau malam, setelah atau sebelum bersih-bersih ruangan rektorat, Mang Dani (Hamdani, red) buka laptop. Saya tanyakan katanya sedang ngerjain skripsi. Semangatnya menginspirasi,” ucap Faizal Arifin, seorang staf di Bagian Akademik.

Irwan Susanto, seorang satpam yang dilantik bahkan memiliki IPK di atas 3,5

sehingga memiliki predikat Cum Laude (dengan pujian). ”Pak Irwan (Irwan Susanto, red) paling rajin kuliah, kalau ada jam kuliah biasanya langsung ganti kostum dan langsung ke ruangan kelas,” lanjut Faizal.

Menurut Sutarjo, dosen di FKIP Unsika, para petugas kebersihan dan satpam ini sempat akan berhenti kuliah pada semester 3, tepatnya tahun 2016 karena alasan tertentu. Namun akhirnya berhasil dimotivasi. “Kemudian saya diskusi dan memotivasi mereka, Alhamdulillah, hari ini mereka meraih keberhasilan menjadi sarjana,” ungkap Sutarjo.

”Kerja kerasnya penjaga (sebutan office boy di Unsika, red) dalam mengejar wisuda sangat luar biasa, mereka sangat bersungguh-sungguh ingin mendapatkan gelar strata satu ini,” ungkap M. Rizki Fauzi Suharto, seorang staf di LPPM, sekaligus wisudawan dan teman satu kelas dengan para petugas kebersihan dan satpam yang diwisuda.

”Saat proses bimbingan skripsi hingga proses sidang mereka selalu serius,” lanjut Fauzi.

 

Sumber :

https://www.quibblo.com/story/DAxA-t0X/How-To-Get-Selected-For-Government-Job