Pendidikan Anak Usia Dini Penting bagi Generasi Bangsa

Pendidikan Anak Usia Dini Penting bagi Generasi Bangsa

Pendidikan Anak Usia Dini Penting bagi Generasi Bangsa

Kemendikbud — Peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini (PAUD) menjadi salah satu kebijakan pemerintah Indonesia saat ini, dan menjadi bagian dari komitmen dunia untuk mendorong seluruh negara lebih banyak menaruh perhatian kepada pendidikan anak usia dini. Agenda PAUD juga telah masuk dalam agenda PBB melalui Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, pendidikan anak usia dini yang berkualitas dapat memberikan dampak yang signifikan bagi peningkatan kualitas hidup anak di masa mendatang.

“Karena itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus mendorong perluasan

layanan dan peningkatan mutu pendidikan anak usia dini yang lebih baik,” ujar Mendikbud di Graha Utama Kemendikbud, Jakarta, Rabu (30/8/2017), saat Peluncuran Program PAUD Universal untuk Kabupaten Bogor, Kerja Sama antara Kemendikbud, UNICEF, dan IKEA Foundation.

Dalam sambutannya Mendikbud kembali menekankan pentingnya setiap anak Indonesia memperoleh layanan pendidikan anak usia dini. Ia menuturkan, PAUD yang berkualitas penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, serta mengoptimalkan potensi yang dimiliki anak. “Anak usia dini perlu mendapat kesempatan terbaik sejak awal kehidupannya dengan memperoleh pengalaman, baik dari stimulasi positif, perlindungan anak, hingga layanan kesehatan dan gizi,” tuturnya.

Saat ini angka partisipasi kasar (APK) PAUD di Indonesia telah menunjukkan angka yang cukup baik,

yaitu 72,35 persen. Sesuai amanat Nawa Cita untuk pemerataan layanan pendidikan, maka pembangunan perluasan PAUD diarahkan ke desa-desa yang belum memiliki layanan PAUD, terutama daerah terdepan, perbatasan, dan pedalaman. Pada tahun 2017 ini, pemerintah telah mengalokasikan Dana Alokasi Khusus Bantuan Operasional Penyelenggaraan (DAK BOP) PAUD sebesar Rp3,35 trilyun.

“Dukungan tersebut diharapkan dapat terus bertambah untuk tahun mendatang demi mendukung Gerakan Nasional PAUD Berkualitas, sehingga setiap anak dapat terlayani PAUD minimal satu tahun sebelum masuk sekolah dasar atau SD,” kata Mendikbud.

Pemerintah Indonesia pun terus berupaya mewujudkan PAUD yang berkualitas

, salah satunya dengan bekerja sama dengan lembaga internasional seperti UNICEF dan menggandeng pihak swasta seperti Yayasan IKEA. Hal tersebut diwujudkan melalui kerja sama dalam meningkatkan kualitas PAUD di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang dimulai tahun 2017 sampai berakhir pada 31 Januari 2020. Beberapa kegiatan yang akan dilakukan dalam kerja sama tersebut antara lain pelatihan bagi 6.000 pendidik PAUD, kegiatan parenting untuk 2.000 orang tua atau wali, dan bantuan sarana dan prasarana untuk 100 lembaga PAUD serta enam pustaka mainan di Kabupaten Bogor.

 

Sumber :

https://merkterbaik.com/