Jenis-Jenis Paragraf adalah

Jenis-Jenis Paragraf adalah

Jenis-Jenis Paragraf adalah

Paragraf Narasi

adalah suatu jenis paragraf yang menceritakan suatu kejadian atau suatu peristiwa berdasarkan urutan waktu. Paragraf narasi terdiri dari narasi kejadian dan narasi runtut cerita. Paragraf narasi kejadian yaitu paragraf yang menceritakan suatu kejadian ataupun suatu peristiwa, sedangkan paragraf narasi runtut cerita yaitu paragraf yang pola pengembangannya dimulai dari urutan tindakan ataupun perbuatan yang menciptakan ataupun menghasilkan sesuatu.

Paragraf Eksposisi

adalah suatu paragraf yang bertujuan untuk memaparkan, menyampaikaninformasi, mengajarkan, menjelaskan dan juga menerangkan suatu topik kepada yangmembacanya dengan tujuan untuk memberikan informasi sehingga memperluas pengetahuan si pembaca. Untuk memahami paragraph ini si pembaca harus melakukan proses berpikir dan juga melibatkan pengetahuan.

Paragraf Agumentasi

adalah suatu jenis paragraf yang mengungkapkan ide, gagasan, ataupunpendapat penulis dengan disertai bukti dan juga fakta (yang benar terjadi). Tujuannya yaitu supaya si pembaca yakin bahwa ide, gagasan, dan pendapat tersebut adalah benar adanya dan terbukti.

Paragraf persuasi

adalah suatu bentuk atau jenis karangan yang mempunyai tujuan membujukpembaca supaya ingin berbuat sesuatu sesuai dengan keinginan penulisnya. Supaya tujuannyabisa tercapai, penulis harus mampu mengemukakan pembuktian dengan menggunakan data dan juga fakta.

Paragraf deduktif

adalah paragraf deduktif ditandai dengan terdapatnya kalimat utama berada di awal paragraph.

Paragraf induktif

adalah ditandai dengan terdapatnya kalimat utama berada di akhir paragraph.

Paragraf campuran (deduktif-induktif)

adalah ditandai dengan terdapatnya kalimat utama berada di awal dan akhir paragraf.

Sumber:

https://balad.org/