Hadapi Ujian Nasional, Siswa Sekolah di Padang Bertekad Jujur

Hadapi Ujian Nasional, Siswa Sekolah di Padang Bertekad Jujur

Hadapi Ujian Nasional, Siswa Sekolah di Padang Bertekad Jujur

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tinggal dua bulan lagi. Seluruh siswa sekolah di Padang bertekad

untuk jujur dalam menjalani UN mendatang. Kebulatan tekad ini diungkapkannya di depan Walikota Padang saat apel akbar persiapan menghadapi UN di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol, Selasa (8/3/2016).

“Apakah ananda siap menjadi siswa jujur se-Kota Padang?” tanya Walikota kepada seluruh siswa yang hadir.

Dengan lantang seluruh siswa menjawab siap untuk menjadi siswa jujur pada pelaksanaan UN mendatang. Dengan mengepalkan tangan, seluruh siswa termasuk guru pendidik menyatakan siap menjadi pendidik dan siswa jujur.

“Kedekatan dengan Tuhan dan keimanan akan membuat kita jujur pada sendiri,

” cecar Walikota.

Mahyeldi menilai, selama ini yang membuat negara menjadi rusak karena kurangnya orang-orang jujur. Lemahnya bangsa tak lain karena sedikitnya orang jujur.

“Insha Allah, ketika kesadaran kejujuran ini kita mulai dari diri sendiri karena Allah, maka prestasi akan diperoleh,” sebut Walikota.

Ditekankan Walikota, orang yang jujur memiliki sifat yang serius dan sungguh-sungguh. Setiap yang dekat kepada Allah akan mendapat dukungan, petunjuk dan hidayah.

“Mari kita raih prestasi dengan menanamkan kejujuran,” imbaunya.

Pelaksanaan UN bagi SMA/MA, SMK akan dilaksanakan 4-7 Mei. Sedangkan untuk tingkat SMP/MTs

dilaksanakan 9-12 Mei. Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Kota Padang sebanyak 28.703 siswa sekolah akan mengikuti UN tahun ini. Dengan rincian 13.762 siswa setingkat SMA/SMK/MA, serta 14.941 siswa SMP dan MTs.

Pada pelaksanaan UN tahun ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan tema, yakni “Jujur Harus, Prestasi Pasti”. Menurut Walikota, tema ini memiliki makna yang cukup dalam. Kejujuran dan prestasi tak dapat dipisahkan.

“Ujian Nasional mesti dilaksanakan secara jujur atau beintegritas. Tidak ada makna prestasi UN jika tidak diraih dengan kejujuran,” ujar Mahyeldi.

Terkait integritas dalam UN, Kota Padang mesti terdepan di kabupaten/kota se-Sumatera Barat. Prestasi integritas UN 2015 cukup membanggakan. Dari 2 sekolah tingkat SMA di Sumbar, SMA 1 Padang memperoleh penghargaan sekolah berprestasi versi Kemdikbud dengan indikator utama kejujuran dalam lima tahun terakhir menyelenggarakan UN.

Prestasi lain yang cukup menggembirakan juga datang dari tingkat SMP. Enam SMP yang berintegritas di Sumatera Barat itu seluruhnya berasal dari Kota Padang.

“SMP 1, SMP 2, SMP 7, SMP 8, SMP 11, dan SMP 12 mendapat penghargaan dan dipanggil ke Istana Negara,” ujar Walikota.

 

Sumber :

https://www.emailmeform.com/builder/form/2ze0iKedbR9L