Aplikasi Kewajiban Supervisor Kependidikan

Aplikasi Kewajiban Supervisor Kependidikan

Aplikasi Kewajiban Supervisor Kependidikan
  1. Prinsip supervisi

Masalah yang dihadapi dalam melaksanakan supervisi di lingkungan pendidikan adalah bagaimana mengubah pola pikir yang bersifat otokrat dan korektif menjadi sikap yang konstruktif dan kreatif. Suatu sikap yang menciptakan situasi dan relasi di mana guru merasa aman dan diterima sebagai subjek yang dapat berkembang sendiri. Untuk itu supervisi harus dilaksanakan berdasarkan data, fakta yang objektif. Dengan demikian prinsip supervisi yang dilaksanakan adalah:

  1. Prinsip ilmiah (Scientific)

 Prinsip ilmiah mengndung ciri-ciri sebagai berikut ; 1) Kegiatan supervisi dilaksanakan berdasarkan data objektif yang diperoleh dalam kenyataan pelaksanaan proses belajar mengajar, 2) Untuk memperoleh data perlu diterapkan alat perekam data, seperti angket, observasi, percakapan pribadi, dan seterusnya, 3) Setiap kegiatan supervisi dilaksanakan secara sistematis, berencana dan kontinu.

  1. Prinsip Demokaratis

Servis dan bantuan yang diberikan kepada guru berdasarkan hubungan kemanusiaan yang akrab dan kehangatan sehingga guru-guru merasa aman untuk mengembangkan tugasnya. Demokratis mengandung makna menjunjung harga diri dan martabat guru, bukan berdasarkan atasan dan bawahan, tetapi berdasarkan rasa kesejawatan.

  1. Prinsip kerja sama

Mengembangkan usaha bersama atau menurut istilah supervisi (Sharing of Idea, Sharing Experience) memberisupport mendorong, menstimulasi guru, sehingga mereka tumbuh bersama.

  1. Prinsip konstruktif dan kreatif

Setiap guru akan merasa termotivasi dalam mengembangkan potensi kreativitas kalau supervisi mampu menciptakan suasana kerja yang menyenangkan, bukan melalui cara-cara yang menakutkan. (Sahertian, 2000:19).

  1. Kinerja Supervisi 

Usaha untuk membantu meningkatkan dan mengembangkan potensi sumber daya guru dapat dilaksanakan dengan berbagai alat (device) dan teknik supervisi. Umumnya alat dan teknik supervisi dibedakan dalam dua macam alat atau teknik. Jonh Minor Gwyn (dalam Sahertian, 2000:52) mengemukakan dua teknik supervisi yaitu “teknik yang bersifat individual dan teknik yang bersifat kelompok”, yaitu teknik yang digunakan untuk melayani lebih dari satu orang. Dalam bab ini peneliti hanya menjabarkan teknik supervisi individual sesuai dengan konteks penelitian.

Teknik supervisi pendidikan bersifat individual antara lain perkunjungan kelas, observasi kelas, percakapan pribadi, saling mengunjungi kelas, dan menilai diri sendiri.

  1. Teknik Perkunjungan Kelas
  2. Berikut adalah uraian singkat mengenai teknik perkunjuanga kelas yaitu:                Pengertian perkunjungan kelas ialah teknik dimana kepala sekolah atau supervisor datang ke kelas untuk melihat cara guru mengajar di kelas,
  3. Tujuan perkunjungan kelas ialah memperoleh data mengenai keadaan sebenarnya selama guru mengajar. Dengan data itu kepala sekolah dapat berbincang-bincang dengan guru tentang kesulitan yang dihadapi guru-guru. Pada kesempatan itu guru dapat mengemukakan pengalaman-pengalaman yang berhasil dan hambatan yang dihadapi serta meminta bantuan, dorongan dan mengikutsertakan,
  4. Fungsi perkunjungan kelas sebagai alat untuk mendorong guru agar meningkatkan cara mengajar guru dan cara belajar siswa. Perkunjungan ini dapat memberi kesempatan guru-guru untuk mengungkap pengalamannya sekaligus sebagai usaha untuk memberi rasa mampu pada guru-guru untuk mengungkap pengalamannya sekaligus sebagai usaha untuk memberikan rasa mampun pada guru-guru. Karena guru dapat belajar dan memperoleh pengertian secara moral bagi pertumbuhan kariernya dan,
  5. jenis-jenis perkunjuangan kelas. Perkunjuangan kelas dibagi menjadi tiga macam yaitu:

Ø  Perkunjungan tanpa diberi tahu (unannounced visitation) yaitu supervisor tiba tiba datang datang ke kelas tanpa memberi tahu guru lebih dulu. Perkunjungan kelas ini mempunyai kelebihan dan kelemahan. Kelebihannya yaitu kepala sekolah dapat melihat keadaan yang sebenarnya tanpa dibuat-buat. Hal ini dapat membiasakan guru agar dapat mempersiapkan dirinya sebaik-baiknya. Sedangkan kelemahannya yaitu guru menjadi gugup, karena tiba-tiba didatangi kepala sekolah yang menimbulkan prasangka bahwa ia sedang dinilai dan pasti hasilnya tidak memuaskan. Kadang ada sebagian guru yang tidak senang bila tiba-tiba dikunjungi tanpa diberi tahu terlebih dulu.

Ø  Perkunjungan dengan cara memberi tahu lebih dulu (announced visitation) yaitu supervisor biasanya telah memberikan jadwal kunjungan sehingga guru-guru tahu pada hari dan jam berapa ia akan dikunjungi. Perkunjungan kelas ini juga memiliki kelebihan dan kelemahan. Kelebihan teknik ini yaitu bagi supervisor perkunjungan yang direncanakan sangat tepat dan mempunyai konsep pengembangan secara kontinu dan terencana serta guru-guru dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya karena ia sadar bahwa perkunjungan itu akan membantu ia untuk dinilai. Dan justru persiapan guru inilah yang nantinya akan menjadi kelemahan yang menimbulkan hal-hal yang dibuat-buat dan serba berlebihan.

Ø  Perkunjungan Atas Undangan Guru. Perkunjungan ini akan lebih baik. Oleh karena itu guru punya usaha dan motivasi untuk mempersiapkan diri dan membuka diri agar dia dapat memperoleh balikan dan pengalaman baru dari hal pertemuannya dengan supervisor. Pada sisi lain sifat keterbukaan dan merasa memiliki otonomi dalam jabatannya. Aktualisasi kemampuannya terwujud sehingga ia selalu belajar untuk mengembangkan dirinya. Sikap dan dorongan untuk mengembangkan diri ini merupakan alat untuk mencapai tingkat profesional. Teknik ini juga mempunyai kelebihan dan kelemahan. Kelebihannya bagi supervisor, dapat belajar dari pengalamannya dalam berdialog dengan guru sedangkan guru akan lebih mudah untuk memperbaiki dan untuk meningkatkan kemampuannya, karena motivasi untuk belajar dari pengalaman dan bimbingan dari supervisor tumbuh dari dalam dirinya sendiri.Dan kelemahannya yaitu ada kemungkinan timbul sikap manipulasi, yaitu dengan dibuat-buat untuk menonjolkan diri, padahal waktu-waktu biasa guru tidak berbuat seperti itu.

Sumber : https://merkbagus.id/